PROSES SEO

Proses SEO dapat dibagi ke dalam 6 fase umum, yaitu riset ( research ), perencanaan dan strategi ( planning and strategy ), pelaksanaan ( implementation ), pengawasan ( monitoring ), penilaian ulang ( reassestment ), dan maintenance.

1. Fase Riset

Fase ini adalah fase pertama dalam proses SEO. Ada beberapa tipe riset termasuk riset bisnis, kompetitor, penilaian keadaan sekarang, dan riset kata-kata kunci.

a. Riset Bisnis

Sebelum memulai sesuatu, pelajarilah dengan baik bidang usaha Anda dan relasinya dengan keberadaan online-nya. Dalam fase ini, Anda perlu menjawab banyak pertanyaan-pertanyaan  yang kebanyakannya bersifat spesifik mengenai bisnis Anda. Apa yang  perusahaan Anda miliki yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda? Apa fokus penjualan Anda?

Banyak pertanyaan-pertanyaan lain dan topik yang perlu dipertanyakan dan dieksplorasi yang dimana pertanyaan-pertanyaan ini akan menggambarkan standar bisnis Anda dan rencana pemasaran Anda. Di dalam pemasaran online, pertanyakan pada diri Anda sendiri,  seberapa banyak Anda mengerti tentang SEO dan PPC ( Payment per Click )? Apakah Anda mengejar target untuk lokasi atau wilayah tertentu? Apa harapan umum dan spesifikasi Anda? Bagaimana Anda mengukur kesuksesan Anda? Apa yang Anda pahami sebagai kegagalan? Berapa budget Anda? Apakah Anda mempunyai sumber tersedia untuk menjalankan SEO atau SEM ( Search Engine Marketing )? Siapakah motor dari usaha SEO Anda? Seperti apakah jadwal proyek? Apakah ada jadwal spesifiknya?

Lebih banyak Anda mengenal bisnis Anda maka lebih baik dan lebih jelas gambaran yang Anda dapatkan dan usaha Anda akan lebih fokus. Cari jawaban akan pertanyaan-pertanyaan Anda di tahap awal ini.


b. Analisa Kompetitor

Setelah Anda mengenal bisnis  dan ekspektasi  Anda, sekarang waktunya untuk melihat apa yang orang lain lakukan. Bagaimana dapat Anda mendasarkan SEO Anda jika Anda tidak peka terhadap wilayah usaha Anda. Karena itu, pelajarilah semua pemain di area bisnis Anda. Kenalilah  sampai dimana mereka sekarang dan bagaimana mereka sampai ke posisi tersebut. Kenali pula berapa banyak konten website mereka.

Lihatlah berapa banyak kompetitor Anda yang terindeks di Google dan mesin pencari lainnya. Perkirakanlah lalu lintas kepadatan website mereka dan kata-kata kunci yang mereka targetkan. Secara umum, semakin Anda mengenal kompetitor Anda, semakin baik pula prospek posisi Anda.

c. Penilaian Keadaan Sekarang

Sekarang Anda berusaha untuk meningkatkan keberadaan  website Anda. Anda harus menggali sampai kedalaman website Anda, meninnjaunya dari segala sisi. Di dalam perbendaharaan kata SEO, sering dinamakan klinik website. Proses riset ini mirip dengan analisa kompetitor dimana kali ini Anda fokus kepada website Anda sendiri.

Hal pertama yang Anda lakukan adalah mengecek ranking  website Anda sekarang. Kemudian Anda mulai memeriksa faktor-faktor internal pada halaman website Anda termasuk umur website, <title> tags, <meta> tags, struktur internal linking, konten duplikat, search engine traps, dan lain-lain. Pada saat yang sama, Anda juga meninjau faktor eksternal. Berapa banyak backlinks  yang website Anda miliki? Siapa yang terhubung dengan website ini?

d. Riset Kata-kata Kunci

Riset kata-kata kunci adalah sebuah aktivitas mengidentifikasi dan mentargetkan kata-kata kunci spesifik dengan tujuan menciptakan rujukan search engine yang relevan. Untuk situs-situs yang ada, riset kata-kata kunci mengidentifikasikan kata-kata kunci yang sudah dipergunakan dan berusaha menemukan kata-kata kunci lainnya yang dapat membantu mencapai kualitas  trafik yang lebih baik.

Riset kata-kata kunci tidak diaplikasikan hanya kepada elemen halaman tekstual. Tetapi juga diaplikasikan kepada pemilihan nama domain, links terhubung, komposisi  link, daftar direktori, dan banyak elemen lainnya.

Pertanyaan dasarnya adalah,  kata-kata kunci apa yang Anda targetkan? Jawaban tidak selalu sama. Apakah Anda menargetkan kata-kata kunci yang paling popular ( luas ) atau Anda menargetkan kata-kata kunci yang lebih spesifik?

e. Hasil dari Fase Riset

Setelah semua riset dilakukan, hal penting selanjutnya adalah menghasilkan sebuah dokumen yang menyimpulkan hasil dari fase riset  ini.  Dokumen-dokumen ini  berisi artefak riset SEO. Dokumen ini harus mengandung semua penemuan Anda termasuk riset bisnis, analisa kompetitor, penilaian keberadaan sekarang dan riset kata-kata kunci.

(Bersambung….)

Disadur oleh : Jeffrey Lim, B.Comp, M.C.S

Editor : Laura Lie

Daftar Pustaka:

Jerkovic J.I. SEO Warrior – Essential Techniques for Increasing Web Visibility.