Pada tanggal 26 Februari 2015, Google menjatuhkan bomb besar mengenai hasil pencarian search engine pada website yang tidak mobile-friendly. Ketika search engine selalu memberikan prioritas pada website yang lebih siap kepada mobile dan mempunyai akses mudah kepada informasi, sekarang dinyatakan bahwa Google akan menggunakan website yang mobile-friendly sebagai indikator ranking yang lebih kuat daripada yang sebelumnya terjadi. Google juga akan meningkatkan kehadiran aplikasi konten yang relevan di dalam hasil pencarian.

Jadi apa arti ini semua bagi anda ? Secara mendasarkan, jika anda menahan untuk mengimplementasikan strategi mobile untuk bisnis website anda maka adalah waktunya untuk membuat hal ini prioritas yang tinggi. Berikut adalah bagaimana melakukan hal itu.

Cek mobile-friendliness dari website anda !

Google sudah membuat hal itu mudah dengan langkah pertama untuk menentukan apakah website anda memiliki mobile friendly atau tidak dengan Tes Mobile Friendly. Buka halaman tentang Mobile Friendly Test di Google, masukan URL website anda dan klik “analyze”

Google akan kemudian mengecek website anda dan akan melaporkan apakah website anda mempunyai mobile friendliness atau tidak. Jika website anda mempunyai kualifikasi maka alat ini akan memberikan gambar bahwa website anda saat ini muncul di dalam gambar peralatan mobile.

Jika website anda ada di dalam peringkat mobile friendly maka hal ini baik adanya walaupun anda masih harus membaca rekomendasi yang berikutnya. Hanya karena desain website anda yang sekarang sudah melewati tes Google tidak berarti bahwa tidak ada hal yang perlu untuk ditingkatkan.

Jika website anda gagal di dalam tes mobile friendly dari Google maka program akan melaporkan isu spesifik yang mengakibatkan hal ini

Rekomendasi-rekomendasi ini akan memberikan anda sebuah titik permulaan untuk perubahan untuk membawa website anda lebih baik. Google juga menawarkan petunjuk-petunjuk yang dapat menolong anda untuk memulai dengan website yang mobile friendly dimana anda dapat melihatnya untuk menyelesaikan isu-isu ini.
Bagaimana juga, perhatikan bahwa laporan Google bukan hanya salah satu faktor yang mempengaruhi penggunaaan website anda yang mobile. Untuk alasan itu maka adalah satu hal yang baik untuk mengeksplorasi semua langkah berikut untuk meyakinkan bahwa semua pengunjung website anda yang menggunakan mobile sama nyamannya ketika masuk ke website anda sama halnya dengan pengguna dekstop.

1.Apakah website anda responsive ?

Di masa lampau, pengembang website mempunyai beberapa opsi untuk menciptakan versi mobile termasuk kustomasi coding pada website mobile yang terpisah, menyebarkan HTML pada peralatan spesifik dalam HTTP header tag atau mengunakan sebuah desain yang responsive yang secara otomatis mengatur posisi website pada berbagai ukuran perangkat.

Hari ini, banyak bentuk dan ukuran perangkat yang berbeda-beda untuk sebuah situs mobile yang statis untuk pas kepada semua layar potensial. Google merekomendasikan sekarang untuk menggunakan desain website responsive.  Developer atau designer anda dapat menceritakan kepada anda jika websiter anda menggunakan protokol ini. Atau jika test mobile friendly dari website anda melaporkan bahwa mobile viewport tidak dipasang atau menggunakan lebar yang fixed maka ada kemungkinan besar bahwa website anda belum responsive dan harus diperbaiki secepatnya.

2. Apakah ada script-script atau service-service lain yang mengganggu usability website anda ?

Jika website dekstop anda menggunakan sebuah script pop-up lightbox, exit intent banners atau tipe-tipe teknologi yang mirip-mirip maka adalah satu hal yang kritikal untuk menyakinkan bahwa program-program ini mampu mengakomodasi pengguna mobile. Tidak ada yang lebih membuat frustasi daripada mempunyai sebuah banner yang pop up di dalam mobile web browser anda dan kemudian tidak dapat ditutup.

Pada saat yang sama, yakinkan bahwa website anda menghindari penggunaan file seperti flash yang tidak ditampilkan sama atau ditampilkan tidak tepat pada beberapa website mobile. Prioritas google adalah supaya orang-orang mendapatkan infromasi secepat yang mereka minta dan mereka tidak dapat melakukan hal itu jika file-file anda sulit ditampilkan.

3. Berapa mudah untuk navigasi pada website mobile anda ?

Sebagai tambahan, ingat bahwa hasil penglihatan yang bagus pada website dekstop anda mungkin tidak sebagus pada perangkat mobile.  Perhatikan semua pertimbangan ini ketika mengevaluasi mobile friendly dari website anda.

Pastikan bahwa setiap target tap adalah paling sedikit 48 CSS pixels tinggi atau lebar dan jika anda paling sedikit mempunyai 32 CSS pixels baik vertikal maupun horizontal spacing diantara setiap target tap. Dengan demikin akan menghindari klik halaman yang salah yang membuat pengguna frustasi.

Gunakan font dasar dengan ukuran paling sedikit 16 CSS pixels. Jumlah font yang digunakan usahakan minimum dan jaga vertical spacing yang tepat diantara baris dari teks.
Atur setiap elemen grafik dari website anda yang pada saat ini menggunakan format lebar yang fixed dimana hal ini akan menghalangi konten anda untuk tampil baik di dalam desain mobile.

Pada akhirnya jika anda berpikir bahwa anda sudah melakukan semua hal ini secara sempurna maka lakukan tes berulang kali. Gunakan emulator situs mobile untuk melihat website anda di dalam ukuran dan layout yang berbeda-beda. Tanyakan teman dan keluarga untuk menavigasi dari perangkat digital mereka atau investasikan di dlaam pengguna yang dibayar untuk mengetes website anda yang akan memonitor aksi dan reaksi dari visitor website mobile anda.

Kelihatannya memerlukan kerja keras yang banyak untuk meyakinkan website anda mobile friendly namun itu adalah bagian vital dari menjaga pengunjung senang dan menjaga visibilitas pencarian website anda.