Search-engine optimization (SEO) sudah melewati evolusi dari tahun ke tahun. Taktik lama yang berfokus pada optimisasi kata kunci dan cara-cara gelap black-hat sudah ditinggalkan. Strategi modern yang fokus kepada pengalaman pengguna (user) datang menggantikan mereka. Selama sejarahnya, SEO sudah menjadi sebuah strategi yang luar biasa berharga dan relatif cukup murah untuk pemilik bisnis dalam semua industri.

Namun walaupun pengembangan strategi yang lebih sederhana, banyak pemilik bisnis masih terasa diintimidasi oleh pemahaman bahwa SEO adalah sesuatu yang sulit untuk diikuti. SEO adalah sebuah strategi yang menghabiskan banyak waktu dan memerlukan perhatian yang signifikan, namun SEO sudah mencapai titik dimana hal itu tidak lagi sulit. Dengan mentalitas yang benar dan komitmen yang jernih, pemilik bisnis dapat memulai sebuah kampanye SEO dan mendapatkan banyak keuntungan.

Akar dari salah pengertian

Pemilik bisnis pada umumnya tidak terbiasa dengan sisi teknis dari pengembangan website dan ide bahwa algoritme Google kelihatan luar biasa kompleks. Sesungguhnya memang algoritme Google itu memang luar biasa kompleks. Namun hal ini tidak berarti bahwa anda memerlukan strategi yang kompleks untuk sukses dengan hal itu. Pemilik bisnis biasanya berpikir bahwa mereka memerlukan insinyur terlatih dan coding yang dapat masuk ke algoritme dan pengembangan website yang kompleks dan berpikir bahwa hal itu tidak mungkin untuk sukses dengan pengetahuan yang terbatas.

Salah pengertian disini adalah bahwa struktur yang kompleks memerlukan strategi yang kompleks jika mereka ingin mencapai potensi mereka yang penuh. Bagaimana juga, walaupun algoritme pencarian Google itu kompleks, sesungguhnya strategi yang sederhana cukup untuk mencapai hasil yang positif. Tujuan dari Google adalah memberikan pengguna (user) pengalaman online yang terbaik dimana berarti memberikan mereka hasil-hasil yang cocok, relevan dan berharga.

Dasar-dasar yang siapapun dapat menguasainya

Proses yang Google gunakan untuk menghitung peringkat pencarian (ranking search) adalah luar biasa kompleks dan ahli-ahli pencarian ini bahkan tidak mengerti sepenuhnya karena Google tidak pernah mempublikasikan kedalaman algoritme yang sesungguhnya. Tetapi kita mengetahui bahwa jika kita harus memenuhi dua criteria untuk dapat peringkat tinggi dari query yang diberikan yaitu kita harus terlihat seperti berotoritas dan kita harus mempunyai publikasi yang orang-orang cari dengan memberikan mereka nilai. Situs-situs yang memenuhi kriteria-kriteria ini akan menduduki peringkat yang tertinggi.

Sayangnya, untuk memenuhi kriteria-kriteria yang dapat dilakukan dengan strategi sederhana adalah harus dijalankan secara konsisten dari waktu ke waktu. Makin ada melakukannya dan makin konsisten anda makin melakukannya maka semakin anda berotoritas dan kehadiran online akan berkembang.

Konten dari website dibagi menjadi dua bagian. Pertama, anda perlu untuk mengoptimisasikan isi dari website untuk meyakinkan bahwa Google dapat mengenai tujuan dari website anda dan kata kunci industry dari bisnis anda. Untuk melakukan itu maka halaman situs anda harus berurutan.
Anda harus memberikan headlines yang kuat untuk halaman-halaman penting seperti “Home”, “Products” dan “Contact Us” dan juga beberapa paragraf kalimat yang meyakinkan. Masukan kata-kata dan frase yang mendeksripsikan bisnis anda secara akurat. Fokus dengan menulis secara natural. Optimisasi Title Tags dan Meta Tags juga sangat menolong terutama ketika memulai kampanye anda.

Kemudian, lakukan strategi blog yang terus menerus. Tulis paling sedikit sebuah post dengan 1000 kata setiap minggu. Tulis mengenai topik yang pembaca anda ingin mempelajari dan topik yang memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka yang penting sedetail mungkin. Hal ini akan membantu menjadikan anda sebuah sumber dimana pencari anda ingin temukan dan peringkat anda akan naik sebagai hasilnya. Lebih banyak pertanyaan-pertanyaan yang anda jawab, lebih banyak potensi.
Membangun website yang berotoritas berarti anda mempunyai kehadiran online yang kuat dan berarti mempunyai kualitas dari inbound links yang merujuk kepada website anda. Membangun link-link ini adalah relative mudah. Anda dapat meletakan link yang merujuk ke situs anda di dalam sebuah post blog atau di dalam komentar sebuah forum, dll.  Coba bermacam-macam strategi. Gunakan banyak sumber dan hubungkan ke bagian halaman situs anda yang berbeda-beda dan selalu yakinkan bahwa link-link anda adalah relevan dan mempunyai nilai tambah ke dalam percakapan.

Integrasi sosial dan lokal. Jika anda tidak mempunyai kehadiran di dalam sosial media maka adalah waktunya untuk mendapatkannya. Dapatkan profil anda di Facebook, Twitter, LinkedIn dan jaringan-jaringan lain yang anda pikir tepat. Posting secara teratur, berhubungan dengan pembaca dan kredibilitas anda sebagai bisnis online akan meningkat.

Tantangan sesungguhnya dari SEO

Ketika stratregi dasar adalah mudah untuk diadopsi dan dilakukan secara konsisten, SEO bukan tanpa tantangan. Ketika anda memulai strategi dasar anda, anda akan menemukan hambatan-hambatan ini.

- Menemukan target yang cocok. Anda mungkin bingung mengenai tipe pertanyaan-pertanyaan apa untuk menulis blog dan kata-kata kunci apa yang dimasukan di dalam website anda. Cara terbaik untuk  mengatasi masalah ini adalah untuk menemukan jawaban yang jujur. Rangkumkan bisnis anda sesederhana mungkin dan gunakan itu untuk mendeskripsikan bisnis andadi dalam konten website.  Tanyakan kepada pelanggan secara langsung apa yang mereka ingin baca di dalam blog anda dan tuliskanlah mengenai itu.
- Investasikan waktu.
- Atur ulang strategi anda.

Strategi untuk mempertahakan SEO dalam easy mode
Jika anda mencoba untuk mempertahankan SEO semudah mungkin dan selama mungkin, coba strategi ini untuk menghindari pekerjaan yang terlalu kompleks
1.    Baca berita-berita SEO. Anda lebih baik berlangganan ke banyak berita SEO dan forum. Baca sesering mungkin. Seiring jalannya waktu akan membuat pemahaman ini makin masuk akal. Cara untuk membuat budaya SEO lebih mudah dimengerti adalah dengan terjun ke dalamnya.
2.    Perhatikan kompetisi anda. Pasang mata anda pada kompetitor anda. Anda dapat mengamati blog mereka untuk melihat topik-topik apa yang mereka tulis. Gunakan alat seperti Open Site Explorer dan SEMRush untuk melihat link-link yang mereka bangun. Dengan melakukan hal ini dapat menolong kampanye anda di dalam arah yang tepat dan juga memberikan wawasan bagi anda untuk mengembangkan strategi yang berlanjut.
3.    Review strategi anda setiap bulan.

Disadur dari http://www.entrepreneur.com/article/243438

.