Pada tanggal 26 Februari 2015, Google menjatuhkan bomb besar mengenai hasil pencarian search engine pada website yang tidak mobile-friendly. Ketika search engine selalu memberikan prioritas pada website yang lebih siap kepada mobile dan mempunyai akses mudah kepada informasi, sekarang dinyatakan bahwa Google akan menggunakan website yang mobile-friendly sebagai indikator ranking yang lebih kuat daripada yang sebelumnya terjadi. Google juga akan meningkatkan kehadiran aplikasi konten yang relevan di dalam hasil pencarian.

Jadi apa arti ini semua bagi anda ? Secara mendasarkan, jika anda menahan untuk mengimplementasikan strategi mobile untuk bisnis website anda maka adalah waktunya untuk membuat hal ini prioritas yang tinggi. Berikut adalah bagaimana melakukan hal itu.

Cek mobile-friendliness dari website anda !

Google sudah membuat hal itu mudah dengan langkah pertama untuk menentukan apakah website anda memiliki mobile friendly atau tidak dengan Tes Mobile Friendly. Buka halaman tentang Mobile Friendly Test di Google, masukan URL website anda dan klik “analyze”

Google akan kemudian mengecek website anda dan akan melaporkan apakah website anda mempunyai mobile friendliness atau tidak. Jika website anda mempunyai kualifikasi maka alat ini akan memberikan gambar bahwa website anda saat ini muncul di dalam gambar peralatan mobile.

Jika website anda ada di dalam peringkat mobile friendly maka hal ini baik adanya walaupun anda masih harus membaca rekomendasi yang berikutnya. Hanya karena desain website anda yang sekarang sudah melewati tes Google tidak berarti bahwa tidak ada hal yang perlu untuk ditingkatkan.

Search-engine optimization (SEO) sudah melewati evolusi dari tahun ke tahun. Taktik lama yang berfokus pada optimisasi kata kunci dan cara-cara gelap black-hat sudah ditinggalkan. Strategi modern yang fokus kepada pengalaman pengguna (user) datang menggantikan mereka. Selama sejarahnya, SEO sudah menjadi sebuah strategi yang luar biasa berharga dan relatif cukup murah untuk pemilik bisnis dalam semua industri.

Namun walaupun pengembangan strategi yang lebih sederhana, banyak pemilik bisnis masih terasa diintimidasi oleh pemahaman bahwa SEO adalah sesuatu yang sulit untuk diikuti. SEO adalah sebuah strategi yang menghabiskan banyak waktu dan memerlukan perhatian yang signifikan, namun SEO sudah mencapai titik dimana hal itu tidak lagi sulit. Dengan mentalitas yang benar dan komitmen yang jernih, pemilik bisnis dapat memulai sebuah kampanye SEO dan mendapatkan banyak keuntungan.

Akar dari salah pengertian

Pemilik bisnis pada umumnya tidak terbiasa dengan sisi teknis dari pengembangan website dan ide bahwa algoritme Google kelihatan luar biasa kompleks. Sesungguhnya memang algoritme Google itu memang luar biasa kompleks. Namun hal ini tidak berarti bahwa anda memerlukan strategi yang kompleks untuk sukses dengan hal itu. Pemilik bisnis biasanya berpikir bahwa mereka memerlukan insinyur terlatih dan coding yang dapat masuk ke algoritme dan pengembangan website yang kompleks dan berpikir bahwa hal itu tidak mungkin untuk sukses dengan pengetahuan yang terbatas.

Salah pengertian disini adalah bahwa struktur yang kompleks memerlukan strategi yang kompleks jika mereka ingin mencapai potensi mereka yang penuh. Bagaimana juga, walaupun algoritme pencarian Google itu kompleks, sesungguhnya strategi yang sederhana cukup untuk mencapai hasil yang positif. Tujuan dari Google adalah memberikan pengguna (user) pengalaman online yang terbaik dimana berarti memberikan mereka hasil-hasil yang cocok, relevan dan berharga.

Dasar-dasar yang siapapun dapat menguasainya

Proses yang Google gunakan untuk menghitung peringkat pencarian (ranking search) adalah luar biasa kompleks dan ahli-ahli pencarian ini bahkan tidak mengerti sepenuhnya karena Google tidak pernah mempublikasikan kedalaman algoritme yang sesungguhnya. Tetapi kita mengetahui bahwa jika kita harus memenuhi dua criteria untuk dapat peringkat tinggi dari query yang diberikan yaitu kita harus terlihat seperti berotoritas dan kita harus mempunyai publikasi yang orang-orang cari dengan memberikan mereka nilai. Situs-situs yang memenuhi kriteria-kriteria ini akan menduduki peringkat yang tertinggi.

Sayangnya, untuk memenuhi kriteria-kriteria yang dapat dilakukan dengan strategi sederhana adalah harus dijalankan secara konsisten dari waktu ke waktu. Makin ada melakukannya dan makin konsisten anda makin melakukannya maka semakin anda berotoritas dan kehadiran online akan berkembang.

Fase perencanaan dan strategi
 
Fase perancanaan dan strategi menjawab beberapa pertanyaan fundamental  yang didasarkan pada hasil fase riset. Di dalam fase ini, kita perlu melakukan beberapa strategi yaitu termasuk mengatur konten, membangun links, media sosial, SEM ( Search Engine Marketing ) dan strategi-strategi teknis. Semua strategi ini dapat disimpulkan ke dalam satu hasil artefak yaitu : rencana SEO.
 
Strategi konten
Stategi konten adalah segala aspek dari konten yaitu : pembuatan, modifikasi,  diseminasi  dan pendataan.  Dalam strategi ini juga dipikirkan presentasi konten : bagaimana konten ini akan dihadirkan kepada pengguna. Strategi konten juga perlu menjawab banyak pertanyaan tambahan seperti : apakah isi website termasuk blog, surat kabar, kesaksian-kesaksian, syndication, file-file media, dan sejenisnya. Harus juga dipertimbangkan konten mana yang perlu di index dan yang tidak perlu di index di dalam Search Engine.
 
Strategi membangun link
Satu dari pilar SEO yaitu strategi membangun link adalah krusial. Ketika Anda mengejar submit directory baik yang commercial atau gratisan, situs-situs social media, social bookmark, komentar blog, new syndication atau surat kabar, maka Anda harus mempunyai inbound links yang solid. Konten tanpa links tidak efektif. Konten yang baik dapat mengundang penambahan link secara natural. Bagaimanapun juga anda tidak dapat mengandalkan hanya pada konten.
 

Apakah SEO sudah mati ? Ini adalah pertanyaan umum di dalam dunia marketing sekarang ini.

Jika anda seorang pebisnis yang bergantung pada kehadiran online yang kuat untuk berelasi dengan pelanggan, anda perlu mengambil perhatian. Tidak dapat disangkal bahwa dasar SEO sedang berubah. Sebagai contoh, Google sedang mengambil pendekatan garis keras. Taktik membangun jaringan yang sembarangan, kualitas isi yang buruk dan desain yang buruk adalah beberapa faktor yang mengakibatkan website-website mendapatkan penalti. Jadi apa yang berhasil untuk bisnis anda di masa lalu tidak lagi jalan sekarang dan sesungguhnya dapat membahayakan bisnis anda sekarang.

Sekarang, strategi SEO yang sukses harus menghadirkan beberapa komponen yang beragam seperti pembangunan merek, optmisasi mobile, integrasi konten marketing dan sosial media. Karena itu sudah saatnya anda mengadaptasi stratregi untuk menghadapi realitas ini.

Ada 5 trend yang akan membentuk keberhasilan SEO anda di tahun-tahun mendatang.

1.    SEO yang efektif mempunyai 3 pillar.
Strategi SEO yang kuat mempunyai tiga komponen : jaringan, konten dan sosial media. Apa yang sudah diberitakan di tahun lalu adalah relasi mengenai elemen-elemen ini. Isi harus berfokus kepada kebutuhan pembaca dan tajam. Sosial media harus memperkuat penjangkauan dan memberikan signal kepada search engines bahwa ada orang yang mencari konten anda yang berharga. Jaringan-jaringan dari situs yang berkualitas menandakan bahwa website anda adalah kokoh dan dapat dipercaya. Semua siklus ini dimulai dari menulis konten yang bagus.

2.    Konten marketing bangkit menuju kepada kematangan digital.
Marketing konten adalah marketing buzzword teratas dari tahun 2013 dan itu adalah trend yang sama  dengan keadaan sekarang. Merek perlu menjadi cerdas di dalam menceritakan kisah mereka dan menciptakan konten yang beresonansi dengan para pendengar.

PROSES SEO

Proses SEO dapat dibagi ke dalam 6 fase umum, yaitu riset ( research ), perencanaan dan strategi ( planning and strategy ), pelaksanaan ( implementation ), pengawasan ( monitoring ), penilaian ulang ( reassestment ), dan maintenance.

1. Fase Riset

Fase ini adalah fase pertama dalam proses SEO. Ada beberapa tipe riset termasuk riset bisnis, kompetitor, penilaian keadaan sekarang, dan riset kata-kata kunci.

a. Riset Bisnis

Sebelum memulai sesuatu, pelajarilah dengan baik bidang usaha Anda dan relasinya dengan keberadaan online-nya. Dalam fase ini, Anda perlu menjawab banyak pertanyaan-pertanyaan  yang kebanyakannya bersifat spesifik mengenai bisnis Anda. Apa yang  perusahaan Anda miliki yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda? Apa fokus penjualan Anda?

Banyak pertanyaan-pertanyaan lain dan topik yang perlu dipertanyakan dan dieksplorasi yang dimana pertanyaan-pertanyaan ini akan menggambarkan standar bisnis Anda dan rencana pemasaran Anda. Di dalam pemasaran online, pertanyakan pada diri Anda sendiri,  seberapa banyak Anda mengerti tentang SEO dan PPC ( Payment per Click )? Apakah Anda mengejar target untuk lokasi atau wilayah tertentu? Apa harapan umum dan spesifikasi Anda? Bagaimana Anda mengukur kesuksesan Anda? Apa yang Anda pahami sebagai kegagalan? Berapa budget Anda? Apakah Anda mempunyai sumber tersedia untuk menjalankan SEO atau SEM ( Search Engine Marketing )? Siapakah motor dari usaha SEO Anda? Seperti apakah jadwal proyek? Apakah ada jadwal spesifiknya?

Lebih banyak Anda mengenal bisnis Anda maka lebih baik dan lebih jelas gambaran yang Anda dapatkan dan usaha Anda akan lebih fokus. Cari jawaban akan pertanyaan-pertanyaan Anda di tahap awal ini.

More Articles ...

Page 1 of 2