Banyak sekali faktor-faktor lain, selain daripada faktor penampilan sebuah website, yang dapat memberikan kesan “customer-friendly” pada website Anda. Mulai dari informasi lengkap tentang kontak usaha  Anda hingga testimonial para klien,  semuanya ini penting untuk membantu Anda berbisnis secara efektif. Berikut adalah faktor-faktor penting tersebut.

1. Deskripsi Jelas Mengenai Siapa Anda

Seseorang yang sedang mengunjungi situs Anda tidak perlu sampai harus melakukan investigasi untuk mencari tahu apa sebenarnya usaha  Anda. Dengan kata lain, Anda seharusnya secara jelas menerakan nama usaha Anda dan menyimpulkan informasi mengenai produk atau servis Anda di halaman berandah Anda, kata John Zhuang, dari Winning Interactive, perusahaan web desain dan optimasi SEO.

“Beritahukan kepada para pengunjung inilah situs yang tepat yang telah mereka cari selama ini,” kata beliau. “Sebuah deskripsi yang jelas akan segera menarik perhatian para pengunjung   dalam 2-3 detik, dan mendorong mereka untuk menetap lebih lama di situs Anda.”

2. Sebuah Alamat Website yang Sederhana dan Praktis.

Jangan mempersulit hal-hal yang tidak seharusnya. “Nama domain Anda adalah seperti  merk usaha Anda. Nama tersebut seharusnya mudah bagi para pengunjung untuk mengetiknya ke atau ke alamat email,” kata Ron Wright, pendiri Accentrix, perusahaan web desain dan online marketing.

 

Dia menambahkan, “Saya selalu menyarankan penggunaan domain  .com, karena para pengguna internet mempunyai kecenderungan untuk mengetik ekstensi tersebut saat mereka memasukkan sebuah alamat website. Untuk organisasi atau usaha non-profit lainnya, saya biasanya menyarankan penggunaan domain .org  untuk tujuan pelabelan, tetapi saya juga merekomendasikan domain versi .com kalau-kalau si penjelajah secara tidak sengaja mengetik alamat .com.”

Wright juga menyarankan untuk menghindari penggunaan simbol  “dash” (yang dapat memusingkan SEO) dan “angka” (yang dapat menyebabkan kebingungan bagi klien).

3. Peta Situs (Site Map) yang Mudah Dinavigasi

“Links” yang jelas untuk halaman-halaman penting dan sebuah peta situs merupakan faktor krusial untuk menuntun para pengunjung kepada informasi yang mereka cari.

“Yakinkan bahwa sistem navigasi Anda didenahkan secara jelas. Saya selalu menyarankan penggunaan “dropdowns” dalam navigasi menu sehingga para pengunjung dapat melihat konten di bawah setiap judul.  Anda tentunya ingin membuat para pengunjung Anda dengan sangat mudah menemukan apa yang mereka cari atau apa yang Anda ingin mereka ketahui,” saran Wright.

4. Informasi Kontak Anda yang Mudah Ditemukan

Anda pasti tidak ingin kehilangan seorang klien kepada kompetitor Anda hanya karena Anda membuatnya sulit bagi mereka untuk menghubungi Anda.

“Tidak semua pengunjung online mempunyai kesabaran untuk menjelajahi seluruh halaman situs Anda untuk menemukan informasi kontak Anda,” kata Zhuang.

“Tempat yang paling baik untuk peletakan informasi kontak adalah di sudut kiri atas atau kanan atas berandah Anda,” sarannya. “Ada baiknya pula  untuk meletakkan informasi kontak Anda di setiap halaman website pada bagian kaki atau kolom samping atau bahkan di setiap sudut kanan atas, yang dapat membantu para pengunjung untuk menemukannya jauh lebih mudah.”

Anda juga harus menerakan beberapa cara bagi mereka untuk menghubungi Anda,  seperti melalui telepon, email, dan sebuah formulir kontak standar; ini semua adalah opsi-opsi yang baik bagi Anda. Forbes juga menyarankan untuk memasukkan alamat Anda, bahkan sebuah “link” lokasi Anda di Google Maps. Semuanya ini bermaksud untuk membuat para pengunjung dapat dengan sangat mudah menghubungi Anda dalam konteks mereka.

5. Testimonial Klien

Perkataan jujur dari orang lain dapat membantu produk atau servis Anda menjadi lebih nyata dan jelas bagi klien yang sedang mengunjungi Anda online.

“Mereka membantu klien potensial Anda membangun kepercayaan pada Anda, terutama jikalau mereka adalah calon klien baru,” kata Zhuang. Dan mereka membantu para pengunjung untuk mengkonfirmasi apakah produk atau servis Anda memenuhi keperluan mereka.”

“Orang-orang suka mendengarkan cerita dari orang-orang nyata,” tambahnya. “Mereka membantu para pengunjung menemukan hal-hal lain yang tidak Anda sampaikan di website Anda.”

6. Sebuah Panggilan Nyata untuk Bertindak

“Beritahukan kepada para pengunjung online secara tertulis apa yang Anda ingin mereka lakukan dengan nada anjuran yang jelas,” kata Zhuang. “Contohnya, Anda mungkin ingin mereka menelepon Anda sekarang untuk konsultasi gratis, atau registrasi untuk mendapatkan kupon eksklusif online, atau menambahkan produk Anda ke keranjang belanja mereka, dan lain sebagainya.”

“Dan, tarik perhatian mereka pada kehendak Anda, baik dengan menggunakan tombol spesial atau menggarisbawahi teks tersebut, contohnya.”

7. Pengetahuan Mengenai Dasar-dasar SEO

Website Anda tidak akan banyak memberikan Anda keuntungan jika tidak ada yang menemukannya. Menjadi familiar dengan dasar-dasar SEO akan membuat website Anda mudah dijangkau oleh mesin pencari (search engine).

“Anda tidak perlu membayar ninja SEO unggulan untuk memposisikan web Anda di urutan top di mesin pencari. Cukup saja dengan memastikan website Anda disandikan dengan tepat,” kata Wright. Hal itu berarti dengan menggunakan kata kunci yang tepat sepanjang teks Anda, meletakkannya dalam berbagai link, menamakan judul halaman-halaman dan URL Anda dengan benar, dan pergunakan kehebatan gambar dan video.

8. Konten yang Berkualitas dan Baru

Bagi banyak kalangan bisnis, website  adalah kesan pertama Anda pada seorang klien. Anda tentunya ingin memberikan mereka apa yang mereka cari, dan mungkin bahkan memberikan mereka sebuah alas an untuk berkunjung kembali.

Wright berkata, “Para pengunjung sedang mencari sesuatu. Pastikan Anda memberikannya kepada mereka… dan pastikan konten Anda original, ditulis dengan baik dan berharga.”

Konten yang baru dapat diumpamakan sebagai tambang emas bagi SEO. Anda dapat menjaga konten Anda untuk tetap baru dan menyegarkan (serta memberikan personalitas yang unik bagi perusahaan Anda) dengan menggabungkan sebuah blog yang di-update secara regular atau berkoneksi dalam media sosial Anda.

9. Hosting yang Aman

Pembajakan informasi online Anda adalah sebuah mimpi buruk, dan seandainya itu terjadi pada bisnis Anda, hal tersebut akan merugikan klien Anda.

“Sangatlah penting bagi Anda untuk memilih perusahaan hosting yang aman, terpercaya untuk menjaga website Anda dari oknum-oknum jahat dan konten website Anda dapat terus berlangsung,” kata Wright. “Penting pula bagi Anda untuk menjaga CMS Anda tetap update agar berada di posisi satu langkah lebih depan daripada para hacker.”

10. Desain dan Style yang Ramah

Menurut Forbes, “Penjelajah web mempunyai jangkauan atensi seperti agas mabuk.”

Zhuang melukiskannya dengan lebih detil. “Pengunjung online biasanya melihat sekilas halaman web Anda untuk memperkirakan kontennya sebelum mereka membuka halaman web baru. Jika mereka merasa mereka berada di situs yang tepat, mereka akan melambat untuk membaca keselurahan teks Anda.”

Dia menyarankan 3 gaya penulisan online yang perlu dicamkankan:

    Pisahkan teks ke dalam paragraph singkat, jika perlu dengan judulnya masing-masing.
    Pergunakan poin-poin.
    Menyoroti kata-kata penting.

Wright menambahkan, “Pada akhirnya, kesederhanaan dan warna dasar adalah taruhan terbaik. Sekali lagi, pusatnya adalah kontennya, bukanlah badut yang berdansa di bagian atas halaman.”

Disadur dari: http://www.entrepreneur.com/article/217499

Diterjemahkan oleh : Laura Lie