Ada beberapa alasan penting mengapa e-marketing dengan website lebih unggul daripada marketing tradisional:

1. Faktor Jangkauan. Dengan menggunakan website untuk marketing secara online maka Anda dapat menjangkau target / pasaran yang tak terbatas di seluruh dunia. Sementara, marketing tradisional hanya memungkinkan Anda memasarkan produk / jasa Anda dalam lingkup yang sangat terbatas dan cenderung hanya dapat menjangkau pasar lokal atau regional.

2. Faktor Modal dan Biaya. Dengan promosi secara online, Anda tidak perlu takut biaya yang harus Anda keluarkan akan meledak karena banyaknya informasi yang perlu Anda sampaikan atau waktu penayangan iklan Anda. Promosi tradisional dengan menggunakan koran, majalah, radio, atau televisi  dapat menghabiskan biaya yang besar sekali untuk setiap kali penayangan. Misalnya, jika Anda memasang iklan baris di sebuah koran,  minimal Anda harus membayar Rp.180.000,-/bulan untuk skala koran yang tidak terlalu popular, informasi yang dapat Anda masukkan juga terbatas hanya beberapa kata saja. Sedangkan dengan website, Anda dapat menampilkan informasi promosi produk / jasa Anda sebanyak mungkin sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Dan pembayarannya pun hanya dapat dimulai dari harga hemat Rp.150.000,-/tahun! Suatu tawaran yang sangat menggiurkan, bukan?

Banyak sekali faktor-faktor lain, selain daripada faktor penampilan sebuah website, yang dapat memberikan kesan “customer-friendly” pada website Anda. Mulai dari informasi lengkap tentang kontak usaha  Anda hingga testimonial para klien,  semuanya ini penting untuk membantu Anda berbisnis secara efektif. Berikut adalah faktor-faktor penting tersebut.

1. Deskripsi Jelas Mengenai Siapa Anda

Seseorang yang sedang mengunjungi situs Anda tidak perlu sampai harus melakukan investigasi untuk mencari tahu apa sebenarnya usaha  Anda. Dengan kata lain, Anda seharusnya secara jelas menerakan nama usaha Anda dan menyimpulkan informasi mengenai produk atau servis Anda di halaman berandah Anda, kata John Zhuang, dari Winning Interactive, perusahaan web desain dan optimasi SEO.

“Beritahukan kepada para pengunjung inilah situs yang tepat yang telah mereka cari selama ini,” kata beliau. “Sebuah deskripsi yang jelas akan segera menarik perhatian para pengunjung   dalam 2-3 detik, dan mendorong mereka untuk menetap lebih lama di situs Anda.”

2. Sebuah Alamat Website yang Sederhana dan Praktis.

Jangan mempersulit hal-hal yang tidak seharusnya. “Nama domain Anda adalah seperti  merk usaha Anda. Nama tersebut seharusnya mudah bagi para pengunjung untuk mengetiknya ke atau ke alamat email,” kata Ron Wright, pendiri Accentrix, perusahaan web desain dan online marketing.

Marilah kita renungkan satu hal, "Apakah website sesuatu yang penting dan esensial bagi usaha Anda di abad 21 ini?"

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa fakta yang perlu kita ketahui, yaitu, pertama, mengenai kehadiran internet di dunia ini. Berdasarkan laporan dari International Telecommunication Union (ITU) estimasi pengguna internet di dunia berjumlah sekitar 2 milyar orang pada akhir tahun ini (2010) atau sekitar 30% dari total populasi manusia di seluruh dunia yang sekarang sudah mencapai angka 6.9 milyar. Sekitar 226 juta pengguna baru terhitung ikut bergabung dalam aktivitas dunia maya di tahun 2010 ini, dengan 162 juta orang diantaranya berasal dari negara-negara berkembang.

Kedua, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka komputer dan internet sudah menjadi infrastruktur dan lingkungan bagi kehidupan manusia di abad 21.  Di zaman informasi ini, perekonomian, ilmu pengetahuan dan teknologi sudah saling berkaitan satu sama lain.

Ketiga, pengaruh kemajuan di dalam berbagai bidang lainnya menuntut kitapun harus mengubah wawasan, cara berpikir dan cara bertindak supaya kita bisa terus mengikuti perkembangan zaman.

Sekalipun anggota Facebook Anda tidak berniat membeli apapun dari Anda, komunitas yang Anda bangun di Facebook dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.

Facebook merupakan suatu jejaring sosial, bukan jejaring perbelanjaan, jadi mengapa bisnis Anda perlu membangun dan mempertahankan sebuah Fan Page di Facebook? (Fan Page adalah profil bagi sebuah bisnis atau organisasi, bukan untuk individu). Karena sekalipun anggota-anggota Anda tidak berniat untuk membeli apapun di Facebook, relasi yang Anda bangun dan komunitas yang Anda ciptakan di sana dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda melalui banyak cara. Di sini, saya akan membukakan 10 cara utama sebuah Facebook Fan Page menguntungkan bisnis Anda.

1. Membangun Sebuah Pos Lain bagi Bisnis Anda di Web
Membuat sebuah Fan Page akan memberikan bisnis Anda sebuah cabang pos baru di web dimana prospek, klien-klien, calon karyawan, vendor, dan bahkan media lainnya dapat mememukan informasi tentang perusahaan Anda dan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tidak seperti profil personal dalam Facebook, yang hanya dapat diakses oleh anggota / teman-temannya saja, pada dasarnya Facebook Fan Page adalah untuk umum, yang dimana orang-orang tidak perlu “log in” ke dalam Facebook untuk melihat Fan Page sebuah usaha atau perusahaan, sehingga orang-orang dapat dengan mudah mengakses informasi yang Anda publikasikan.

Definisi website dapat sangat beragam. Ada definisi yang bersifat teknis seperti kumpulan dari halaman-halaman dokumen yang ditulis dalam format HTML, yang diakses melalui protokol HTTP dan diakses melalui web browser di dalam internet.

Di dalam artikel ini kami ingin memberikan definisi sendiri mengenai website yang singkat dan padat, yaitu :
1.    Brosur interaktif termurah
2.    Media promosi produk jasa global
3.    Tempat Iklan 24 jam x 365 hari
4.    Tempat berdagang  tanpa gedung
5.    Kartu nama perusahaan
6.    Bentuk image perusahaan
7.    Bentuk global kehadiran perusahaan

Oleh Jeffrey Lim, B.Comp, M.C.S.